19 November 2013

Saling Berbagi Dengan Saling Mengingatkan..

Hai everyone!
Tujuan utama saya membuat blog adalah karena saya senang bercerita. Membicarakan apa saja mau tentang diri saya, pengalaman orang lain atau fenomena sosial. Baiknya memang bercerita dengan seseorang karena akan mendapatkan feed back langsung dari si pendengar. Bukan berarti bercerita melalui tulisan tidak baik tapi feed back  yang diharapkan belum tentu langsung datang atau bahkan tidak akan datang alias cerita kita cuman dibaca. Di jaman yang serba sibuk sekarang ini, mengharapkan memiliki teman ngobrol sepertinya makin sulit ya atau cuman saya yang beranggepan seperti itu?! Yaa.. pokoknya gitu deh salah satu alasan saya membuat blog karena saya tidak bisa selalu mengharapkan orang lain mau mendengarkan cerita ngalur-ngidul saya sehingga beralih ke blog agar saya bisa berbagi cerita dengan orang lain di seluruh Indonesia. Masa' iya dari hampir 250 juta penduduk Indonesia engga ada satupun yang baca. Oh ya, cerita disini maksudnya cerita kehidupan sehari-hari yaa bukan cerita fiksi seperti penulis buku..
Sebelum saya mulai bercerita, saya mau pengakuan dosa dulu bahwa saya sudah terlalu lama nyuekin blog saya sejak bulan juni 2013, berarti sudah 5 bulan saya tidak ngepost. Tahun 2013 adalah tahun terburuk saya dalam hal posting blog. *lalalala Dan kembali memutuskan untuk posting cerita lagi akibat saya merasa sedang tidak ada teman ngobrol. Sahabat saya sibuk kerja, pacar juga sibuk kerja pulang malam, orang tua hmm tidak semua bisa saya ceritakan ke orang tua. hahaha..
Saya ingin bercerita tentang komitmen. Komitmen itu apa sih? Sama engga pengertiannya dengan berjanji baik dengan diri sendiri maupun orang lain. Deal with yourself or another person! Bagi saya komitmen ada yang besar dan kecil. Komitmen besar di dalam kehidupan saya seperti saya harus segera meluluskan studi profesi saya, saya harus segera mendapatkan pekerjaan dan saya akan menikah dengan seseorang. Tapi saya bosan dan capek kalau mesti cerita tentang "si komitmen besar" yaa as well as you known bahwa ..... *sudahlahtidakperludibahas :"(
Yang saya ingin ceritakan adalah "si komitmen kecil" yang akhir-akhir berkeliaran di otak saya dan selalu menjadi reminder setiap saya melakukan aktivitas saya sehari-hari. Berikut komitmen kecil saya:
  1. Saya hanya akan makan mie instan satu bulan sekali dan setiap tanggal 13. Hal ini terinspirasi dari salah satu artis bekas penyanyi cilik dan bintang iklan yang berkomitmen bahwa dirinya hanya akan makan mie instan setiap tanggal kelahirannya. Bagi saya ini ok banget dan patut ditiru. Segala hal positif tidak akan menjadi salah jika ditiru kan?!
  2. Saya ingin sekali mengurangi mengkonsumsi daging, baik daging ayam atau sapi. Inspirator saya siapa lagi kalau bukan ayah saya. Beliau vegetarian sejak lahir tapi tetap mengkonsumsi makanan hasil dari hewan seperti susu, keju, telor. Tapi memang sulit yaa komitmen yang satu ini secara saya terbiasa sejak kecil untuk makan daging terutama udang kesukaan saya. Saya akan berkomitmen jika di rumah ada lauk sayur dan lauk daging maka saya akan lebih membanyakkan porsi lauk sayur dan "si daging" secuil aja cukup yang penting kerupuk tetap ada.
  3. Saya selalu mengusahakan untuk minum air putih 8 gelas sehari. Awalnya berat beneeeeer! Bawaannya kembung perut dan pipis mulu. Tapi setelah dipikir-pikir yaa 8 gelas sehari itu engga berat sama sekali. Coba saja bangun tidur 1x, sarapan 1x, di perjalanan ke tempat kerja 1x, sampai tempat kerja 1x, saat kerja 1x, makan siang 1x, saat kerja lagi 1x, mau pulang kerja 1x, diperjalanan pulang 1x, sampai rumah 1x, makan malam 1x, mau tidur 1x, sooo totalnya? 12 gelas!
  4. Saya hanya akan mengurus segala keperluan online shop milik saya di hari Sabtu dan Minggu. Saya punya online shop khusus menjual buku novel baru atau bekas. Bisnis kecil ini sudah saya rintis sejak Desember 2011. Alhamdulillah sekarang ini sangat meningkat penjualannya. Saya kerjakan pekerjaan ini dengan legowo, tidak ngoyo dan biarkan mengalir. Sejak meningkatnya penjualan, hampir setiap hari saya mengurus online shop, saya sendiri jadi larut di dalam hingga waktu saya terbuang untuk mengerjakan laporan studi profesi. Memang orang lain tidak ada yang menegur saya tapi diri saya sendiri yang menegur saya.
  5. Saya akan terus belajar dan melanjutkan studi musik saya. You know what? Finally saya ujian grade terakhir studi Electone di Yamaha. Thanks God! Walaupun hasil ujian belum keluar tapi saya yakin saya pasti lulus. Semenjak selesai ujian, saya paksakan diri saya untuk belajar dan latihan Electone setiap hari hingga guru saya berkomentar "Itu udah lancar! Latian yaa?!"  Saya sendiri kaget saya mampu merampungkan lagu "That's what friends are for" hanya dalam dua minggu, yang biasanya bisa berbulan-bulan akibat saya jarang latian dan bahkan hampir hopeless.
  6. Saya akan dan harus dipaksakan akan mengerjakan laporan studi profesi setiap hari senin sampai jumat. Saya kebut pengerjaan laporan hingga saya nekat pengambil 3 laporan sekaligus, laporan sistem pendidikan, laporan training pendidikan hingga laporan minoring klinis. Kusut-kusut deh otak ini, tapi Insya Allah jika saya niat, semangat dan fokus semua akan ada di jalurnya masing-masing dan tidak akan bertabrakan.
Cukuplah yaa 6 komitmen kecil ini untuk saya. Jangan banyak-banyak nanti ga mampu merealisasikannya loh! *ngomongsamadirisendiri Saya sengaja menceritakan komitmen kecil saya ini agar teman-teman yang membaca posting saya ini bisa menjadi reminder saya jika suatu saat saya lupa dengan komitmen ini. Selain itu, semoga 6 komitmen kecil saya ini bisa bermanfaat untuk kalian. Yaa.. syukur-syukur salah satu dari penduduk Indonesia ada yang mulai membuat komitmennya masing-masing setelah baca posting ini. Intinya mah saling berbagi dengan saling mengingatkan..

With Love,

2 comments:

Kaka Vhin said...

suka komitmennya,,, cayoo teh,,

online bukunya bisa di share?
hehhe

anRaRatri said...

Hai ervin! Apa kabar? Btw, congrats udh jd S.Psi :) Berminat lanjut? hehe.. Terima kasih yaa udh baca postingan, senang ada yg membaca. Kebetulan sy punya online shop khusus jual novel baru/bekas namanya Rainbow secondbookshop. Bisa dilihat di FB dan Instagram.. :)