02 December 2011

Museum di Taman Mini Indonesia Indah, #2

Second Destination....

MUSEUM SERANGGA / INSECTARIUM

Lokasi museum serangga tepat bersebelahan dengan Taman Akuarium Air Tawar dan harga tiket masuknya juga sudah termasuk dengan Taman Akuarium Air Tawar. Ikon dari museum serangga adalah patung serangga kumbang tanduk berwarna hitam yang posisinya di depan pintu masuk museum serangga.

Museum serangga ini usianya lebih tua dibanding Taman Akuarium Air Tawar. Diresmikan oleh presiden kedua Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 20 April 1993. Saya terkesima sekali loh dengan museum serangga ini. Museum serangga tidak hanya memajang begitu saja koleksi-koleksi serangganya tetapi juga menyusunnya seapik mungkin sehingga terlihat unik dan sedap dilihat mata.

"Suasana di depan pintu masuk museum serangga"

"Barisan serangga dari yang terbesar hingga terkecil.. Awesome!!"

"Kumbang Macan"

"Kumbang Kotoran"

"Bagus sekali yaaaa.. Penataan yang cantik!!"

Selain kumbang-kumbang, museum serangga juga memiliki koleksi kupu-kupu cantik. Kupu-kupu di sini juga engga mau kalah dipajang dengan sangat cantik. :)

Di bagian belakang museum serangga terdapat taman kupu-kupu. Di taman ini, kupu-kupu bebas terbang. Namun tetap ada jaring agar kupu-kupu tetap aman. Taman kupu ini cukup terawat. Saat saya berada di dalamnya, ada salah satu petugas yang sedang menyiram tanaman. Beberapa kupu-kupu juga melewati depan muka saya. Bebasnya mereka..


Yang patut disayangkan adalah setelah saya melewati taman kupu ini, ada beberapa kandang untuk hewan-hewan bukan serangga yang tidak terawat. Saya bingung apa tujuan dari penanggung jawab museum serangga dengan adanya kandang-kandang hewan seperti kijang dan bahkan ada kandang untuk burung merak. Saya sedih sekali melihat kondisi kandang-kandang ini yang dirawat ala kadarnya saja. Burung meraknya sendiri terlihat tidak bahagia. Banyak bulu-bulunya yang rontok dan burung merak tersebut tinggal sendiri tanpa ada pasangannya.. :(


"Jangan sedih yaaa merak!!"


"Kolam yang sudah tidak jelas fungsinya untuk apa!"


Sangat disayangkan yaa. Halaman belakang dari museum serangga tidak dikelola secara maksimal. Pasti kalau ditanya penyebabnya kenapa jawabnya tidak lain dan tidak bukan karena masalah dana dan SDM. Yah klise beneeeer.. Ow yaa, satu lagi dari kekurang museum serangga adalah tidak ada hewan serangga asli yang dipajang. Memang adaa bilik untuk serangga asli di museum serangga tapi sepengamatan saya tampak engga ada isinya di dalam kotak-kotak pajang tersebut. Kemanakah serangga-serangga tersebut?! Lagi jalan-jalan mungkin yaa.. :/

Lanjut yaa bacanya ke postingan terakhir tentang museum di Taman Mini Indonesia Indah..

With Love,

1 comment:

IzmaHusein said...

maaf mau tanya,,di gambar yg kumbang kotoran ittu nama ilmiah apa ya,,, soalnya tidak jelas,, makasih