11 March 2019

NHW#6 : Pasti Bisa Menjadi Manager Keluarga Handal!

Assalamualaikum, apa kabar?

Alhamdulillah di NHW#5 kemarin berhasil dapat badge "Tepat Waktu". Sebenarnya badge ini salah satu motivasi terbesarku untuk menyelesaikan NHW. Rasanya mengumpulkan satu-satu badge yang ada membuat ada rasa kebanggaan tersendiri. :) Jadi benar adanya yaaa sistem reward yang selama ini aku gadang-gadang dalam memberikan saran di hasil psikotes. Bahwa reward, dalam hal ini pemberian badge "Tepat Waktu" berhasil membuatku mengerjakan NHW. hehhe..

Jadi, boleh yaaa aku pamerkan bentuk badge "Tepat Waktu" di NHW#5 "Belajar Bagaimana Caranya Belajar"..





Masuk ke pekan ke 6 dengan materi "Ibu Manager Keluarga". Ini diaaaaa materi yang aku tunggu2 "sebenarnya" tapi kenapa penyampaiannya berbarengan dengan jadwal liburanku bersama Keluarga Arfi?? :( Totally ga bisa menyimak seluruh diskusi di group. Untungnya selalu ada resume di GC, jadi setidaknya aku bisa membaca aktifitas diskusi di group apa saja. 

Seperti yang sudah aku posting beberapa minggu lalu bahwa ilmu yang ingin aku pelajari di IPP  adalah "Manajemen Keluarga", alasan sudah pasti agar seluruh individu dan seluruh kegiatan yang ada di rumah berjalan lancar, nyaman dan goalsnya adalah kebahagiaan bersama.

Aku memutuskan untuk menjadi double agent, menjadi ibu rumah tangga dan ibu pekerja. Kedua itu harapanku berjalan seimbang namun kenyataannya masih banyak koreng di sana-sini. Jadi perlu lah ilmu "Ibu Manager Keluarga" membasuh korengku ini. 

Menurut isi materi "Ibu Manager Keluarga", apapun ranah bekerja yang ibu pilih, memerlukan satu syarat yang sama, yaitu kita harus "Selesai" dengan management rumah tangga kita, kita harus merasakan rumah kita itu lebih nyaman dibandingkan aktivitas dimanapun. Inilah, yang masih menjadi PR terbesarku, banyak pekerjaan domestik yang "Selesai" namun tidak selesai ditanganku sendiri. Melainkan di tangan orang lain, seperti orang tua atau pengasuh. Jujur awalnya merasa sangat terbantu dengan tangan-tangan mereka, namun hal tersebut ternyata lambat laun membuatku semakin jauh dari keluargaku. Bonding antara aku dan anakku perlahan merenggang. Suami pun menjadi sering mengeluarkan aksi protesnya akan perilaku. :(

Aku butuh bantuan arahan, agar semua ini tidak terlanjur menjadi duri dalam daging. IIP ini lah jawabannya. IIP ini lah tempat yang tepat untuk aku meluruskan niat dan jalan. Bismillah.

Tahap awal untuk menjadi Ibu Manager Keluarga yang handal, aku harus bisa memilah aktivitas apa saja yang paling penting dan paling tidak penting. Mari aku jawab!

Tiga Aktivitas Penting:
  1. Membersamai suami dan anak.
  2. Merapihkan rumah.
  3. Mengajar.

Tiga Aktivitas Tidak Penting:

  1. Tidur-tiduran.
  2. Bermain HP.
  3. Bepergian tanpa tujuan yang jelas dan bermanfaat.


Kandang Waktu & Jadwal Harian ala Ibu Anisa:

05.00 - 05.30 = Sholat subuh
05.30 - 06.00 = Merapihkan pekerjaan domestik yang belum selesai
06.00 - 07.00 = Merapihkan pekerjaan non-domestik yang belum selesai
07.00 - 08.00 = Menyiapkan sarapan suami & anak dan sarapan bersama.
08.00 - 10.00 = Membersamai anak & suami
10.00 - 11.00 = Membersihkan diri dan rumah
11.00 - 13.00 = Merapihkan pekerjaan domestik/non-domestik yang belum selesai.
13.00 - 13.30 = Sholat Dzuhur dan bersiap berangkat bekerja.
13.30 - 14.00 = Berangkat bekerja
14.00 - 19.30 = Bekerja di ranah publik, Sholat Ashar & Magrib
19.30 - 20.30 = Perjalanan pulang dan membeli keperluan rumah yang diperlukan
20.30 - 21.00 = Membersihkan diri dan Sholat Isya
21.00 - 22.00 = Membersamai anak
22.00 -           = Membersamai suami dan merapihkan pekerjaan domestik/non-domestik yang belum selesai.

Berikut adalah kandang waktu dan jadwal harian yang aku rancang sesuai dengan aktivitas sehari-hari. Beberapa hari sebelum masuk hari liburan ini sudah mulai aku terapkan seperti bangun lebih pagi agar bisa menyelesaikan tugas domestik/non lebih cepat sebelum anak bangun dan tidur lebih malam untuk menyelesaikan tugas domestik/non yang belum selesai dikerjakan di siang hari. Sengaja urusan domestik/non aku kerjakan saat anak tidur agar aku bisa lebih fokus bekerja dan tetap bisa membersamai mereka disaat mereka telah bangun.

Semoga setelah masa liburan ini selesai dalam seminggu aku bisa konsisten mengikuti jadwal harian yang aku buat sendiri sesuai kemampuanku. Aamiin.


Salam,
Anisa Ratri
Maret 2019

No comments: