16 April 2019

Selesainya Materi dan NHW di Matrikulasi IIP Batch #7.. Selanjutnya??

Assalamualaikum, apa kabar?

Alhamdulillah sampai diujung perkuliahan matrikulasi IIP Batch 7. Seluruh materi dan NHW sudah didapat dan ditunaikan. Waktu memang berjalan dengan sangat cepat hingga rasanya bernafas dua hembusan saja sudah sampai di titik akhir.

Awal April lalu adalah hari terakhir aku mengerjakan NHW di kelas ini yaitu NHW 9 tentang Bunda sebagai Agen Perubahan. Boleh jika berkenan silakan membaca di postingan sebelumnya. Alhamdulilah bisa mengumpulkan tepat waktu dan kembali mendapatkan badge favoriteku. Hingga akhir NHW terkumpul sudah 8 badges. Tetap ada rasa penyesalan dan sesak di dada jika mengingat NHW#3 tidak bisa aku kumpulkan tepat waktu hingga gagal mendapatkan badgenya. Jika teman-temanku yang lain bisa mengumpulkan lengkap 9 badges kenapa aku tidak bisa? Tetapi seharusnya aku bersyukur karena juga masih banyak temanku yang lain tidak sanggup melanjutkan perkuliahan dan memutuskan hengkak dari kelas.

Mari kuperlihatkan badge Tepat Waktu yang terakhir.. :D



Setalah NHW#9 selesai dikerjakan, masih ada beberapa kegiatan di kelas matrikulasi. Seperti SS (Student's Sharing) dan CSME (Class Meetings Student Exchange). Beberapa teman juga ada yang belum tampil di SOTD (Student of The Day). Jadi meskipun materi dan tugas sudah selesai, kelas tetap riuh karena masih banyak aktivitas di luar belajar.

Untuk SS akan dimulai minggu kedua bulan April yaitu pada tanggal 8-10 April. Fasilitator dan Wali Kelas yang akan mengumumkan siapakah dari kami semua yang terpilih menjadi peserta SS. Sedikit aku ceritakan program SS yaa.. 


Jadi peserta yang terpilih mengikuti program SS adalah siswa-siswa yang membuat konsep "Be - Do - Have" yang menginspirasi selama mengerjakan NHW di kelas matrikulasi. Kemudian setelah terpilih, peserta tersebut diamanahkan untuk membagi konsepnya tersebut kepada seluruh teman-teman di kelas matrikulasinya, sehingga dengan harapan selain berbagi juga menumbuhkan inspirasi kepada teman lainnya. 

Untuk menjadi siswa terpilih SS harus memiliki beberapa kriteris selain NHW yang menginspirasi namun juga harus aktif berkuliah di kelas dan selalu tepat waktu mengumpulkan NHW.

Jadi apakah aku pantas menjadi siswa terpilih program SS? Sama sekali ga terlintas di benakku. Aku rasa lebih banyak yang memiliki konsep "Be - Do - Have" lebih inspirasi daripada yang aku buat. Jujur, saat mengerjakan NHW yang diminta untuk membuat konsep "Be - Do - Have" aku tidak banyak ide. Aku kerjakan apa yang sekiranya bisa aku lakukan sesuai dengan pengetahuanku.

Setelah nanti program SS selesai, maka selanjutnya ada program CSME yang akan dilaksanakan pada minggu ketigas bulan April. Tanggalnya bisa menyesuaikan dengan jadwal para siswa CSME dan kelas masing-masing. Aku ceritakan sedikit yaa tentang CSME..


CSME (Class Meetings Student Exchange) ini bisa diibaratkan seperti pertukaran pelajar. Kalau di IIP bertukarnya adalah antar kelas. Dulu saat program SOTD membuat biografi aku memilih jika terpilih menjadi peserta CSME ditempatkan pada kelas Indonesia Timur. Semoga terwujud. Aamiin!

Peserta CSME yang terpilih adalah peserta yang sebelumnya sudah terpilih untuk mengikuti SS. Tiga peserta terinspirasi dari program SS dipilih oleh semua teman-temannya di kelas melalui jalur vooting. Peserta CSME diberikan amanah untuk kembali berbagi konsep "Be - Do - Have"nya kepada teman-teman di kelas tujuan nantinya. Kurang lebih seperti itu konsep program CSME yang aku pahami selama ini. Nanti akan aku ceritakan lebih detail yaa kalau program tersebut sudah terlaksana.

Akhir April nanti aku akan melangsungkan kelulusan dengan diakhiri dengan wisuda. Semoga aku adalah salah satu siswa yang masuk dalam daftar lulus kelas Matrikulasi IIP Batch #7. Aammin..


Salam,
Anisa Ratri
April 2019



No comments: